Berbagai Bahan Pembuat Boneka
11 Bahan Pembuat Boneka Paling Populer – Kamu yang sedang memilih boneka untuk diberikan sebagai kado atau hadiah ulang tahun terkadang akan bertanya-tanya bahan apa sih yang digunakan boneka ini. Terlebih untuk kamu yang membeli dengan cara online dan hanya bisa melihat foto sebelum membeli pasti akan mengalami kesulitan mengira-ngira bagaimana rasanya boneka yang akan dibeli ketika dipegang atau dipeluk nanti.
Nah, Galeri Boneka punya sedikit tips tentang berbagai bahan pembuat boneka yang bisa kamu jadikan pagangan untuk memilih boneka yang paling sesuai dengan keinginan kamu. Selain itu, untuk kamu yang berencana membuat boneka hand made sendiri di rumah, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk menentukan bahan terbaik yang akan kamu gunakan untuk membuat boneka.

Bahan Pembuat Boneka Bagian Luar

Bahan Rasfur

bahan kain rasfur

Bahan pembuat boneka ini mempunyai ciri yang paling terlihat yaitu serat bulunya yang terlihat satu-persatu, boneka yang dibuat dengan menggunakan bahan ini terasa lembut dan lebih berbulu ketika dipegang. Untuk panjang bulu bahan ini bisa bervariasi tergantung model boneka yang akan dibuat.
Bahan rasfur ini sendiri mempunyai beberapa grade mulai dari yang memiliki bulu rapat sehingga bulunya terlihat lebih fluffy dan terlihat mahal, sampai yang kerapatan bulunya lebih renggang, yang biasanya digunakan untuk menekan biaya produksi agar harga boneka lebih terjangkau.
Contoh boneka yang dengan bahan rasfur : Boneka Kucing Belang Kuning Ukuran L

Bahan Yelvo

bahan kain yelvo

Bahan Pembuat boneka ini mempunyai ciri bulu pendek dan halus. Salah satu kelebihan bahan yelvo ini ini masih memungkinkan untuk diberikan pewarnaan dan motif dengan cara diprinting, karena itu boneka ini sering juga digunakan dalam pembuatan bantal, guling, dan bantal leher dengan berbagai motif dan warna, walaupun tidak menutup kemungkinan digunakan untuk membuat boneka.

Bahan Velboa

bahan kain velboa

Bahan Velboa ini sering kita sebut dengan bahan bulu halus untuk memudahkan customer mengira-ngira bahan yang digunakan. Bahan velboa ini mempunyai tekstur halus mirip seperti bahan yelvo tetapi dengan bulu yang sedikit lebih panjang, bulunya tidak mudah rontok sehingga lebih aman untuk anak-anak dan juga lebih mudah dicuci. Umumnya digunakan untuk pembuatan boneka binatang, seperti boneka anjing, kuda, kucing dll

Bahan Snail

bahan kain snail

Bahan untuk membuat boneka yang satu ini sedikit unik karena mempunyai tekstur yang berbentuk melingkar seperti rumah keong, karena itu bahan ini dinamakan sesuai bentuk teksturnya. Biasanya digunakan untuk membuat bantal atau bisa juga boneka, boneka yang menggunakan bahan ini biasanya lebih empuk dan enak untuk dipeluk-peluk.

Bahan Nylex

bahan kain nylex

Bahan nylex mempunyai textur mirip seperti bahan Yelvo tetapi seratnya tidak sehalus yelvo, harga dari bahan ini biasanya lebih murah daripada bahan velboa dan yelvo, bahan pembuat boneka ini biasanya juga digunakan untuk membuat berbagai bantal boneka seperti halnya bahan Yelvo.

Bahan Faux

bahan kain foux fur

Bahan pembuat boneka yang satu ini biasanya harus diimpor dari luar karena tidak tersedia di pasaran lokal. Ciri utama dari bahan ini yaitu bulunya yang mempunyai serat halus dan cenderung panjang, tidak seperti bahan rasfur yang helaian bulunya cenderung tebal, bahan faux ini mempunyai helai yang sangat halus.
Bahan faux ini juga memiliki beberapa grade, bahan yang paling mahal biasanya mempunyai tekstur bulu yang sangat halus apabila dipegang sampai harga yang paling murah yang lebih terasa kasar bila dipegang. Boneka yang menggunakan bahan ini umumnya terlihat mahal dan unik karena bahan ini juga termasuk jarang di pasaran lokal, karena itulah boneka yang dibuat menggunakan bahan faux ini harganya lebih tinggi daripada boneka lokal pada umumnya.
Contoh boneka yang dengan bahan rasfur : Boneka Kucing Anggora Pink

Bahan Mohair

Seperti halnya bahan Faux, bahan mohair ini tidak tersedia secara luas di pasaran lokal, bahan ini memiliki tekstur yang halus dan lembut. Bahan pembuat boneka ini kebanyakan dipakai pada boneka teddy bear yang berasal dari pasaran luar atau import, kamu pasti akan langsung mengenali bahan ini apabila memegangnya karena tekstur bulunya yang sangat halus dan enak dipeganga. Karena tekstur dan kelangkaan di pasaran lokal itulah boneka yang menggunakan bahan mohair ini umumnya memiliki harga pasar yang lebih tinggi.

Bahan Rajutan Benang Woll

boneka rajutan woll

Boneka yang menggunakan bahan ini biasanya merupakan boneka hasil kerajinan tangan, dibuat karena kesukaan dalam merajut benang, walaupun tidak menutup kemungkinan ada juga boneka produksi masal yang menggunakan bahan rajutan benang woll ini.
Boneka yang dibuat dari bahan ini biasanya terlihat unik dan jarang yang memiliki kesamaan antara satu boneka dan boneka lainya. Karena tingkat kesulitan dalam pembuatan boneka inilah kemungkinan kita jarang bisa menemukan boneka bahan rajutan benang woll ini dijual dipasaran.

Bahan Pembuat Boneka Bagian Dalam (Isian Boneka)

Bahan Dacron

Dacron Isian Boneka

Sampai saat ini, salah satu bahan isian boneka yang paling populer digunakan adalah bahan dacron. Selain lebih mudah untuk digunakan pada saat proses produksi boneka bahan pembuat boneka yang satu ini memiliki harga yang relatif terjangkau.
Sebagai tambahan, Dacron yang memilikin nama asli Polyethylene terephthalate ini sebenarnya merupakan merek dagang dari perusahaan E. I. du Pont de Nemours and Company. Tetapi dalam perjalanannya karena bahan ini sudah sangat umum digunakan sebagai isian, tidak hanya boneka tetapi bantal, guling sampai kasur maka lama-kelamaan orang mengenal bahan ini hanya dengan sebutan dacron.
Bahan dacron ini juga tergolong mudah dalam perawatan, karena bisa langsung dicuci dan apabila membutuhkan penggantian isi. Saat ini pun sudah banyak toko yang menyediakan bahan ini.

Pelet Plastik

bahan pelet plastik

Kamu pernah memegang boneka yang berisi seperti pasir? Jika iya kemungkinan boneka tersebut menggunakan isian pelet plastik atau ada juga yang penyebutnya Poly Pellet. Selain sebagai isian boneka bahan pembuat boneka yang satu ini juga berfungsi sebagai pemberat boneka, karena itu bahan pelet plastik ini biasanya di isikan di bagian bawah boneka sebagai dudukan supaya boneka bisa berdiri atau tidak terlalu lemas.
Untuk perawatan boneka yang menggunakan isian bahan pelet plastik ini juga tidak boleh dicuci sembarangan, karena apabila bahan luar ada sobekan atau lubang pada saat proses pencucian, pelet plastik yang berada di dalamnya bisa berhamburan keluar. Cara mencuci boneka yang paling mudah adalah dengan dengan menggunakan kecepatan rendah pada mesin cuci atau cuci dengan menggunakan tangan dan sikat.

Kain Perca

bahan kain perca

Ciri-ciri Boneka yang menggunakan isian kain perca biasanya lebih padat dan lebih berat daripada boneka yang menggunakan isi dacron. Kain perca biasanya di gunakan untuk menekan biaya pembuatan boneka, karena kain perca bisa di dapatkan dengan sangat murah dari sisa kain industri garment. Untuk kamu yang ingin membuat boneka sendiri di rumah salah satu isian yang paling mudah didapatkan adalah kain perca ini, caranya dengan memotong kain sisa jahitan menjadi kecil-kecil dan kamu tinggal memasukan ke dalam boneka yang kamu buat.
Bahan kain perca ini terkadang ada juga yang menyebutkan dengan isian limbah, tetapi walaupun isinya murah tidak serta-merta mengurangi tampilan dari bonekanya, lho.
Demikian 11 Bahan pembuat boneka yang paling populer digunakan dalam produksi boneka baik yang dilakukan oleh pabrik maupun buatan sendiri dirumah, nah sekarang kamu bisa lebih percaya diri untuk memilih boneka yang paling sesuai dengan keinginan kamu bukan.
Yuk, mulai memilih boneka vaforitmu di etalase boneka kita.